Wednesday, January 1, 2014

PERBEDAAN MEMORY VOLATILE DAN NON-VOLATILE

Umumnya, memory dibagi menjadi 2, yaitu Memory Volatile dan Non-Volatile. Sekarang ini masih banyak yang bertanya-tanya perbedaan antara Memory Volatile dengan Memory Non-Volatile. Pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan perbedaan antara keduanya.

1. Memory Volatile

Memory volatile adalah memori yang datanya dapat ditulis atau dihapus, dan data akan hilang ketika tidak mendapat power / daya. Memory jenis ini hanya untuk penyimpanan data sementara saja, bukan untuk jangka waktu yang lama. Contoh dari memory volatile adalah RAM (Random Access Memory) digunakan sebagai memori utama untuk menyimpan program-program atau data-data yang sedang digunakan atau diperlukan oleh CPU saat dibutuhkan saja (sementara).



 RAM (Random Access Memory)

2. Memory Non-Volatile

Memory Non-Volatile adalah memory yang datanya dapat ditulis dan dihapus, akan tetapi datanya tidak hilang ketika tidak mendapat daya. Memory jenis ini banyak digunakan untuk menyimpan data dalam jangka waktu yang lama. Contoh memory non-volatile adalah Hardisk, Flashdisk, SD Card, dll. Hardisk pun ada 2 jenis, yaitu internal dan external.
  
Flashdisk
Hardisk Internal
Hardisk External

No comments:

Post a Comment